Monday, February 4, 2013

Sebuah Perjalanan: Be a Part of XL Future Leaders #3

Hai Pemimpi! Ayo Jadi Pemimpin!(sawaliinfo.com)
Hai Pemimpi! Ayo Jadi Pemimpin!
(sawaliinfo.com)

Setelah dua catatan yang menggebu-gebu, well, sudah saatnya mengakhiri catatan ini. Jadi, aku pengen cerita hari terakhir dari rangkaian program Meet n Greet for XL Future Leaders. Keep reading!

Minggu, 16 Desember 2012

Ini adalah hari terakhir di Polemotel. Malam Minggunya, seluruh peserta sudah disuruh packing. Oh, ya, sekadar informasi. Sebenarnya tiap kamar, jatahnya 2 orang. Tapi, karena teman sekamarku enggak datang, -dia dari Jakarta, mungkin enggak nginap-, jadi, dua hari serasa jadi raja.  Mandi sepuasnya, bikin kopi sepuasnya, nonton TV sepuasnya. Sayangnya, aku lupa foto kamar 325 ini.

So, jam 7 pagi, habis beres-beres, langsung ke restoran bawah untuk breakfast. Ternyata, sudah banyak peserta lain dengan kopernya masing-masing. BTW, dua hari di sini aku makan bubur ayam, tok. Haha.. Ga beda jauh dengan Wonocolo

Well, breakfast kali ini aku ngobrol dengan teman-teman dari Bandung. Oh, ya, ada juga Mbak Roro @rorofisika dari Martapura. Akhirnya, punya teman seperjuangan dari Kalimantan.

Jam setengah 8, kami check out dari Polemotel. Waduh, bus penuh sesak dengan kardus laptop baru. Dan berasa, jadi sponsor HTC. Pasalnya, gerakan hape sejuta umat 

Materi hari ini adalah English Orientation dari Bandung English Source. Yang menjadi tutor ialah ibu Itje Khadijah dan seorang Bapak yang lagi-lagi, aku lupa namanya. Jadi, sebagai peserta XL Future Leaders, udah dari awal Desember kita dapat tugas Blended English Course. Setiap minggunya ada tugas dan ada deadline. Ini sebagai pelatihan disiplin awal untuk kita.

Dalam English Orientation ini, kita juga menentukan tanggal workshop. Jadi, dalam XFL, kita sekolah, lho. Tapi, bukan sekolah biasa. Setiap dua bulan sekali, ada workshop English di regional masing-masing. Untuk peserta yang berasal dari Surabaya, Yogyakarta, dan Bandung, workshop dilaksanakan di XL Center masing-masing kota. Sedangkan untuk peserta yang berasal dari luar ketiga daerah tersebut dan dari luar Jakarta, workshopnya di Jakarta. Oleh karena itu, Jakarta dibagi III kelas; Jakarta I, Jakarta II dan Jakarta III. Dan semua biaya dari luar Jakarta ditanggung oleh XL, include transportasi, hotel, but exclude akomodasi. (Baik banget sih, lo, XL) Nah, sebelum ada workshop, masing-masing daerah diwajibkan orientasi 3 hari untuk pendalaman bahasa Inggris. Kebetulan Surabaya dapat jatah tanggal 18-20 Januari 2013. It’s good! Waktunya pas, tapi mungkin imbasnya, aku ga bakal pulang ke Banjarmasin dulu

Program XL Future Leaders sendiri dirancang untuk 5 angkatan. Dan untuk angkatan I ini, program berdurasi 2 tahun. Jadi, startnya dari Desember 2012 sampai Desember 2014. Untuk tahun pertama, kita sekolah dulu, ya.  Setiap dua bulan sekali ada workshop di XL Center masing-masing kota. Kurikulumnya dari Cognition, corporate yang bertanggungjawab untuk penyelenggaraan pendidikan di XL Future Leaders. Nah, selain workshop, kita juga sekolah online. Isinya belajar bahasa Inggris. Mengapa harus belajar bahasa Inggris? Jelas, sekarang zaman globalisasi, guys. Jembatan komunikasi semuanya dengan bahasa. Lu ga bisa bersaing, end. Juga sesuai dengan hadits Rasulullah; man ‘arafa lughata qaumin salima (barangsiapa yang mengetahui bahasa suatu kaum, maka akan selamat). So, aku sangat bersyukur bisa terpilih jadi keluarga XL Future Leaders.

Nah, jika tahun pertama, kita belajar, maka tahun kedua tugasnya adalah sebagai volunteer. Atau sederhananya memanfaatkan ilmu yang didapat di tahun pertama. Cuma, untuk detailnya belum terlalu dijelaskan. Oh, ya, ibu Turina Farouk juga menjelaskan, kalau tidak semua peserta XL Future Leaders yang akan lolos untuk tahun kedua. Jadi, satu tahun pertama akan dievaluasi, apakah layak untuk melanjutkan ke tahun kedua. Oww, zaman penuh persaingan!

Ngomong-ngomong soal dana, nominalnya bikin sesak nafas. Ibu Turina menjelaskan kalau untuk angkatan pertama saja, XL menggelontorkan dana 11 milyar! *speechless Coba baca beritanya di sini.  Ini jadi reminder buatku agar manfatin segala fasilitas XL sebaik mungkin.

Oh, ya, angkatan 2 XL Future Leaders akan dibuka Februari-Maret 2013. Dan ibu Turina menjelaskan, kalo speaker ketika roadshow to campus adalah dari anggota XL Future Leaders sendiri. Woow!! It’s a good news  Apakah aku bisa jadi speaker nanti? *makanya, belajar –nasehat langsung kena di ulu hati-

Acara selanjutnya adalah diskusi kelompok. Jadi, kami dibagi ke dalam 12 kelompok. 1 kelompok beranggotakan 10 orang. Nah, kita dikasih reading materials tentang how to be a good leader. Ada 5 materi dan 1 materi buat 2 orang.

XL Surabaya
Kelompok 9
Udah lupa nama2nya :( Cuma inget, sebelah aku si Intan (rambut panjang) dan di ujung, Nikola.

Sambil diskusi, kita dapat giliran interview dari Bandung English Course. Kalo ga salah, yang nge-interview ada 6 orang. Interviewnya disuruh cerita tentang keseharian kita, dll, terus juga disuruh ngejelasin gambar. Aku dapat gambar sekumpulan anak TK yang lagi belajar di kelas. Bentar kok interviewnya. 5 menit sudah selesai.

Untuk menutup acara diskusi, ada yang presentasi. Dari kelompok kami, si Nikol anak Jakarta yang maju. :)

Wes e wes, selesai acara, langsung capcus, Mamen! Jadwal penerbangan jam 7 malam. So, semua yang pake pesawat langsung ke bandara. Apes, pesawatnya ditunda sampai jam 9.

Dan akhirnya, aku nyampe asrama jam 11 malam. And guess what! Besoknya ada UAS, dan boro-boro belajar, aku langsung TEPAR!*untunglah dapat A+ 

Hooaaahhmmm.. Akhirnya.. 3 parts tentang XL Future Leaders selesai juga. Kapan-kapan aku mau cerita, gimana caranya biar bisa ikutan program keren ini! Bye.. bye..

Keluarga Besar XL Future Leaders Angkatan 1@Grha XL, Jakarta Keluarga Besar XL Future Leaders Angkatan 1
@Grha XL, Jakarta

No comments:

Post a Comment