Tuesday, February 26, 2013

Paradoks Antara Kantor Pos dan Toko Gadget

Eh, kamsudnya apa tuh,  judul postingannya? Jadi gini, aku mau cerita apa aja kegiatanku hari ini, dari pergi ke kantor pos sampai terdampar di toko gadget a.k.a Hi-Tech Mall, salah satu toko gadget terbesar dan terlengkap di Surabaya.

Setelah pelatihan dan workshop skripsi dari pengelola beasiswa akyuh *alay –“ yang sudah ditungguin lama dan dibayangkan bakal cetar membahana, tapi ternyata cuman 3 hari *catatan: kurang memuaskan; kalo ada rating 1-5, aku bakal kasih 2 (penilaian jujur) ,jadi, dari tanggal 23 kemarin, aku resmi jadi pengangguran lagi. Cuma di kamar, ngenet, ikut kuis di Facebook, baca-baca blog orang, dan entah kenapa, sama sekali tak terpikir judul skripsh*t :). *Semoga bulan Maret, aku udah ketemu judul. Amiinnn
  
Stop ngomongin skripsi, yang kata temanku adalah MOMOK (pake K) bagi mahasiswa tingkat akhir yang udah kebelet lulus macam aku. Kembali ke topik what I did today,  AA ngajakin aku ke Kantor Pos di Jemur Andayani, ya, lumayan deket lah sama IAIN Sunan Ampel. Ngapain aku ke Kantor Pos? Hehe... Jadi malu, nih kalo ditanya alasannya. Ceritanya, aku kan lagi ikut kuis TTS dari Kompas Klasika. Entah virus dari mana, sekarang hobi banget ikut kuis-kuis aneh dan ga jelas. Ya, iseng-iseng berhadiah :). Jadi, karena judulnya aja udah Klasika,  ngirim TTS-nya aja harus via pos.


Kalo tadi, boro-boro antri, yang duduk aja jarang-jarang. Sedangkan gambar ini pas mau lebaran. / www.epochtimes.co.id
Kalo tadi, boro-boro antri, yang duduk aja jarang-jarang. Sedangkan gambar ini pas mau lebaran. / www.epochtimes.co.id

Busettt. Sumpah, dah! Terakhir kali aku ke kantor pos aja udah lama, saking lamanya aku udah lupa. Kayaknya zaman masih SD, pas masih musim sahabat pena. *ketahuan jadul Untungnya, aku masih ingat, kalau ngirim surat itu mesti pake prangko *ya, ya, aku nggak separah itu.

Ternyata di Kantor Pos ini, ada banyak loket. Aku beli prangko di Loket 4, dan ternyata prangkonya masih murah, cuma 3000, ga jauh beda sama harga prangko zaman aku SD. Habis ditempel, suratnya dikasih lagi ke Loket 4. Katanya, seminggu nyampe Jakarta.

Oh, ya, Kantor Pos itu ternyata sepi sekali, ya. Secara, sekarang teknologi udah terlalu. Tahun 2000 an, fungsi surat sudah diganti dengan SMS. Terus, lebih keren lagi pake e-mail. Biasanya Lebaran kirim-kiriman surat cantik yang ada gambarnya, sekarang, cuma SMS 270 karakter. Padahal, kayak gitu ga ada sensenya.  Kalo surat-suratan kan terasa gimana gitu, lebih emosional sambil ngebayangin yang nulis.  

Surat 'selalu' lebih berkesan / tv-23.blogspot.com
Surat 'selalu' lebih berkesan / tv-23.blogspot.com

Selesai urusan surat, grookk.. *perut bunyi Perut lapar, dan untunglah, di luar kantor Pos ada yang jualan pecel. Dan, yang bikin mangkel gilak, baru 3 sendok –gara-gara teledor parah- piring pecelnya jatuh terus tumpah dengan sukses ke tanah. AA ketawa ngakak, dan aku terpaksa beli seporsi lagi. Duit 16 rebo melayang, cyinnn... –“

Tujuan berikutnya, kami ke Hi-Tech Mall. Bukan mau beli laptop baru, karena laptop dari XL masih bau kardus. :# ceritanya pamer :D  Si AA mau nge-service tablet kesayangannya, si Cyrus Pad yang bisa dipake nonton TV.

Pendaratan selanjutnya; Hi-Tech Mall / www.transsurabaya.com
 Pendaratan selanjutnya; Hi-Tech Mall / www.transsurabaya.com

Baideway eniwey, akhirnya nyampe ke Hi-Tech. Wusshhh, rame cyinnn. Parkiran penuh, padahal sekarang tanggal tua. Apalagi musim gajihan. Ckckck... Kalo punya duit, kuborong dah satu iPad mini >_< Banyak promo di sana-sini. Ada juga undian itu dan undian ini.

Bagian service ada di lantai 3. Dan, setelah dicek, tabletnya AA tuh goyang gitu layarnya kalo dicharge sambil nonton tipi. Yah, begitulah. Namanya barang elektronik. Kalo ga rusak, itu aneh namanya. Daripada gondok nungguin tuh tablet, kami akhirnya MAKAN lagi. *kalap en ga ingat dompet. Dan pulangnya, aku beli empek-empek lagi. Benar-benar perut karet.

Setelah perjalanan melelahkan, aku melihat hal yang kontras. Ya, itu paradoks namanya. Antara Kantor Pos dan toko gadget. Padahal secara umum, guna mereka berdua sama; untuk memudahkan telekomunikasi kita. Tapi, yah, yang namanya kemajuan zaman. We can’t stuck in one place without moving on to another place :/ Komunikasi dengan surat; walaupun kuno tapi mengesankan, dan kirim SMS; cepat tapi kalo udah di-delete, ya hilang.

Paradoks Kantor Pos dengan toko gadget mirip kayak cinta sejati. *uhuk, batuk dulu Ketika mendapatkan cinta dengan cara yang perlahan namun pasti, jauh beda dengan cinta sesaat yang bisa ditebar kapan saja oleh orang-orang yang tak punya perasaan halus.*ciyeeee..

Yah, intinya sih, gitu. Tapi, mau sekuno apapun surat-suratan, aku tetap cinta Kantor Pos. Semoga langgeng, ya.*salahfokus

Jika Kartini tak menulis surat untuk sahabatnya,
tentulah nasib perempuan tak senikmat sekarang.

No comments:

Post a Comment