Thursday, February 28, 2013

Pindah Rumah; Migrasi dari Wordpress ke Blogspot

Akhirnya selesai juga beres-beres rumahnya. Jadi, selama 2 hari ini aku disibukkan dengan ngangkutin ‘barang lama’ di wordpress ke rumahnya yang baru di blogspot.

Aku memang terbiasa nge-blog di wordpress sejak Agustus 2012 (linknya di www.isnafitria060192.wordpress.com, tapi sebentar lagi sudah mau dinonaktifkan). Mengapa dulu memilih wordpress? Kenapa ya? Hehe.. alasannya aja aku udah lupa *parah. Tapi, kemarin-kemarin entah kenapa aku memilih pindah ke blogspot.com aja.

Nah, sebenarnya sebelum di wordpress, aku sudah punya blog di blogspot.com. Cuma itu sudah hampir 2 tahun nganggur, postingan terakhir aja bulan Agustus 2011. Jadi, sudah hampir setahun aku ga nge-blog dari Agustus 2011 sampai Agustus 2012. Lalu, aku nulis di mana? Setahun itu, aku aktif nulis di akun Kompasiana (ini link di Kompasiana).

Lalu kenapa aku mutusin pindah rumah dan kembali ke rumah lama? Sederhana saja sebetulnya.

Pertama; aku ga terlalu paham design blog di wordpress. Sudah googling kemana-mana, tapi sesuatu yang pengen aku cari, penjelasannya cuma dikit.

Kedua; kebanyakan orang yang tulisannya bagus di dunia maya, ternyata pake blogpot. –“ Kalah langkah deh gw. Bisa sih sebenarnya follow dari wordpress ke blogspot, tapi caranya ribet. Lebih gampang kalo sesama blogspot. 

Ketiga; aku ga pengen kebanyakan media tulis. Ntar hasilnya enggak optimal. Dulu aku rajin banget nulis di Kompasiana, tapi sekarang malas-malasan. Juga, di Kompasiana enggak bisa nulis pengalaman pribadi, kurang cocok aja kayaknya. Kalo di blog pribadi kan lebih gampang.

Keempat; mulai tahun ini, aku pengen coba-coba ikut lomba blog. Hehe.. telat banget, ya, kayaknya. Kenapa enggak dari dulu-dulu? Hoho... tapi kan ada peribahasa ntuh; Better late than never. Nah, dari pengamatanku di dunia maya, ikut lomba blog dengan media blogspot lebih besar kemungkinan untuk ‘dibaca’ daripada yang nulis di wordpress. Tapi, tergantung juga, sih.

Kelima; ya udah, itu aja.

Dengan bantuan Google dan suhu-suhu di blogger, aku me-reparasi blog ini. Dulu, blog ini domainnya www.isnalovehana.blogspot.com, tapi sekarang untuk mengurangi ke-alay-anku di masa lalu, kuganti dengan www.isnanoorfitria.blogspot.com. Banyak reparasi yang kukerjain, di antaranya pindah postingan, terus bikin header blog. Haha.. Jangan ketawain headerku, aku mengerjakannya dengan penuh linang air mata *terus, aku mesti bilang woow gitu? 


Percobaan bikin header 'lumayan gagal'

Hal yang paling sulit dari reparasi blog ini adalah: BANYAK! *ketahuan gapteknya. Selain header, aku ganti background dengan gambar yang persis sama dengan wordpressku dulu. Suka, sih. Aku juga pakai kursor khusus untuk blog, yang gambarnya moustache (alias kumis). Biar blognya tambah unyu, tiap postingan juga kusisipin onion emoticon kayak gini (ini linknya: Onion Emoticon). Tapi, aku masih enggak bisa ngilangin border gambar di postingan blog. Entah, apa yang salah klik padahal petunjuknya udah benar. Seharian ngutak-ngatik, tetap aja enggak bisa. *berharap ada yang bantu.

Masih belum bisa ngilangin border gambar a.k.a bingkai putih foto   

Yah, cukup sekian informasiku tentang pindah rumah. Semoga aku tetap konsisten untuk jadi blogger Indonesia *lalu ketawa setan  

Semangat Pagi!!     

1 comment:

  1. memg lebih enak pkek blogger, krn tmpilan nya lebih menarik, juga bisa di edit sesuka hati

    ReplyDelete