Monday, March 11, 2013

My Gadget Journey: Dari Black 'n White Screen sampai Touchscreen

Dung..dung..dung.. Sekarang si Galuh lagi nonton IMB, nih.
Lumayan sedih sih karena si Ardhy Dwiki duduk di kursi tantangan.
Tapi, asoy lah. Mending si Galuh cerita aja.

Yeye..yeye.. Mau cerita apa nih, Galuh?

Mau tau aja atau mau tau banget?? *genit

*langsung pingsan

Sejak kapan kamu punya handphone?? Pertanyaan klasik tapi aktual. Kalau aku ditanya pertanyaan model gini, seketika ingatanku terlempar ke masa SD dulu. *puitis Zaman masih polos, baju atas putih, pake rok hijau (karena madrasah), terus kerudungnya peyot-peyot. Yaakk, aku kenal henpun pertama kali kelas 5 SD. Ceritanya, anak gaul getoohh kalo punya henpun. Yang paling kuingat, anak-anak cowok pada ribut dan lapor guru kalo ada anak cewek yang bawa henpun. Halah.. sirik aja, ya. 

Jangan bayangin henpun zaman dulu kayak sekarang. Zaman dulu, henpun tuh masih segede kardus sepatu plus antena panjangnya. Haha.. :D Nah, henpun pertama aku tidak pake antena. Ini nih penampakannya:
Henpon jadul, tahan banting; Nokia 3310 / www.comparepricestore.co.uk  
Nah, ini dia henpon pertama aku. Enggak bisa disebut punyaku juga, sih. Lebih tepatnya punya Big Boss (baca: mama). Waktu itu, mama beli karena job ceramah semakin banyak. Enggak mungkin cuma mengandalkan telepon rumah aja. Tebak harganya berapa? 2 ratus ribu? 3 ratus ribu? Alah, kemahalan, paling cuma 50 ribu. Dongdong.. salah besar. Henpon jadul ini tahun 2004-an, harganya 2 juta rupiah!! Kalo zaman sekarang, duit segitu dapat smartphone yang O.S.nya Gingerbread. *zaman telah berubah  

Walaupun punya mama, henpon ini sering kubawa ke sekolah. Biasa, anak kecil. Suka alay, gitu! --" Lewat henpon jadul inilah, aku belajar SMS-an, ngetik pake keypad, dan juga main game. Game yang paling aku suka adalah Snake II, game ular-ularan di mana ular diarahkan ngejar makanannya dan semakin banyak dia makan, ularnya semakin panjang. Skornya sampai 2000-an tuh. *nostalgia 

Nokia 3310 ini juga tahan banting pake banget. Berapa kali jatuh, tetep aja enggak rusak. Beda banget dengan smartphone zaman sekarang. Terus, daya tahan baterainya juga lama. Hampir 3 hari tahan enggak di-charge. Huehee.. >,< Sekarang, henpon ini tidak diketahui keberadaannya. Kata kakakku, udah dikasihin ke ka Desi di Malaysia. Yeaah, whatever lah. 

Wah, ternyata si Galuh pernah jadul juga, ya.
Terus, henponnya ganti yang kayak gimana lagi, tuh?

Setelah Nokia 3310, aku ganti henpon lagi. Yaya, ini juga bukan mutlak henponku. Lebih tepatnya punya Nisa, kakakku, yang kala itu masuk SMA dan punya henpon sendiri dianggap penting. Jengjengjeng... ini dia henponnya:

Nokia 3315 / www.setiawanberbagi.blogspot.com
Aku ingat banget iklan Nokia 3315 nih dulu. Ceritanya, ada orang-orang yang lagi nge-dugem. Terus, hapenya bisa nyala-nyala gitu keypadnya. Asooyy. Keren banget, dah pokoknya. Herannya, nih henpon kayaknya enggak betah banget di Nisa. Baru dua bulan sudah rusak. Akhirnya, dihibahkan ke mama (Awet banget pas di Mama. Kagak pernah rusak sama sekali). Nisa dibelikan henpon baru.

Eniwey, ini henpon banyak banget jasanya buat aku. Lewat henpon ini, aku belajar pacaran. Hahaha.. *lalu ketawa setan Parah banget, sumpah! SMS-an yang enggak penting, telpon-telponan yang kagak penting, dan lain hal yang tidak penting.

Sebenarnya, henpon ini kubawa ke Surabaya. Tapi, sudah kuhibahkan ke temanku. Setelah bertahun-tahun dipake, henpon ini sehat wal afiyat. Kelemahannya cuman satu; baterai. Setelah sekian tahun, baterainya paling tahan satu jam. Maklum, henpon keluaran lawas, jadi nyari baterai penggantinya sulit banget.

Nih si Galuh, henponnya jadul mulu. Yang keren dikit mana?


Sabar.. sabar.. Nih, si Galuh mau cerita.
Setelah dua henpon di atas, sebenarnya masih ada lagi henpon jadul yang terlewat. Merknya SIEMENS. Tahu enggak, tuh? Yah, pokoknya yang begitu-begitulah. Tapi, aku sudah lupa tipenya. Makanya, enggak kucantumin.

Baru tahun 2009, aku bisa punya henpon sendiri. Ceritanya, waktu itu aku disuruh berangkat haji dadakan sama Paman dan Uwa-ku di Jakarta yang kebetulan anggota MUI. Padahal, mama + abah + Nisa sudah berangkat ke Mekkah duluan. Nah, otomatis aku perlu henpon, kan, buat kontak-kontak mereka. Akhirnya, ditemani Ifit (sahabat karib dari TK), aku mau juga beli henpon. Sempet bingung juga, sih. Dan akhirnya, aku beli henpon ini:

Nokia e-63 / www.smartphones.productwiki.com
Ini henpon berwarna pertama yang aku miliki. Henpon sebelumnya kan masih monochrome, alias hitam putih. Ringtone-nya juga pake lagu, enggak pake nada polyphonic lagi. Kalo enggak salah, henpon ini harganya 2 juta 7 ratus kurang lebih. I totally forgot. Oh, ya, aku beli henpon ini, pake duit sendiri. Hadiah MQK yang kutabung di bank dekat rumah, akhirnya terpaksa kubongkar juga.

Akhirnya, hape si Galuh keren juga.

Tapi, malang tak dapat ditolak, Untung saudaranya Paman Gober. Henpon ini akhirnya hilang juga sekitar bulan Juli 2011. Hilangnya juga keren banget; di Malaysia waktu aku lagi backpacker ke sana. Beberapa jam sebelum aku berangkat ke bandara, aku beres-beres dulu. Dan henponnya kutaruh di dekat jendela dan kutinggal mandi. Selang 10 menit, eh, henponnya udah ilang aja. Emang jodohnya cuma sampe segitu. Hiksss...

Aduh, kasian sekali si Galuh.
Terus, beli henpon lagi, enggak?? 

Karena aku pulangnya mampir Jakarta dulu, aku ditemanin sepupuku beli henpon baru di Roxy Mall (FYI, sepupuku udah meninggal sekarang. Baca aja di sini. R.I.P. sepupu baik) Seharian nih aku browsingnya. Dan  setelah yakin, habis Zuhur kami baru berangkat. And the last, aku beli henpon ini:

Samsung Galaxy Ace / www.gsmarena.com
Eng..ing..eng.. ini dia gadget yang bener-bener smartphone. Agustus 2011, akhirnya punya juga henpon Android. Harganya 2.450.000. Mahal, ya? (padahal, lebih mahal henpon jadul) Jangan kira ini minta ke orangtua, duit beasiswa sendiri kubobol ditambah tabunganku. 

Pertama kali kubeli, O.S-nya masih pake Android Froyo. Tapi, karena kak Nada -kakak sepupuku di Jakarta- anak IT, dia berbaik hati nge-upgrade henpon ini ke Gingerbread. Bener-bener, dah. Dua sepupuku ini memang baik hati.

Si Galuh jadi sedih kalo cerita tentang sepupu Kamal :(

Jika di henpon terdahulu, aku cuma belajar SMS-an, ringtone yang pake lagu, tapi dengan Galaxy Ace ini aku belajar lebih pinter. Gimana Steve Jobs menciptakan teknologi keren lewat Macintosh yang diaplikasikan di Apple, terus jadi inspirasi buat pencetus Android. Di henpon pintar ini, aku belajar terima e-mail langsung dari henpon, lebih kenal dengan socmed a.k.a Facebook dan Twitter, terus lebih sering foto-foto karena kameranya bagus; 5 MP. *bujang narsis  Dan Ace juga sangat bermanfaat, kalo aku perlu modem dadakan. Karena ternyata, dia bisa dijadikan hotspot tether.  What a surprising technology!

Pengen coba gadget dengan O.S. lain, akhirnya aku beli henpon yang ngetren banget, bahkan sampai sekarang sudah sampai Z10. Apakah itu? Yeahh.. you have to know it before: 

BlackBerry Curve 8520 / www.cariinfo.nesya.blogspot.com
Aku beli ini karena pengen buka online shop. Kan gampang tuh, kalo kita punya BB, terus bisa upload foto jualan kita di grup BBM (BlackBerry Messenger). Cerita lengkap baca di sini, ya. FYI, aku beli BB sekitar November 2011.

Dan tahukah kalian, apa yang terjadi dengan henpon si Galuh?

Setelah percobaan pencurian yang gagal dengan BlackBerry (baca di sini), selang sebulan kemudian, Ace-ku yang hilang!! Kuulangi lagi; Hilang!!! *lari ke shower 

September 2012, hari Senin, tapi aku lupa tanggal berapa, aku ada UTS ma-kul apalah, aku juga lupa. *terus, apa ingatnya --" Aku enggak bawa henpon ke kelas, karena kupikir, kuliahnya cuma sebentar kan. Dan jam 9, aku balik ke asrama, pintu kamarku sudah terbuka, dan Ace-ku l-e-n-y-a-p.  Walaupun satu asarama sudah dikasih air do'a-do'a gitu biar malingnya ngaku, tetep aja, sampai sekarang I don't know where my Ace is . Pada akhirnya, aku cuma bisa berdo'a, semoga malingnya cepat insaf dan syukur-syukur, kalo henponku dibalikin lagi. Amiiinnn *koor suara malaikat Aku akhirnya sadar suatu hal; aku emang bakat ngilangin henpon mahal. Why? Lho, itu buktinya. Henpon jadul kok enggak pernah ilang?? *aseemmm  

Wuaaahhh.. waktu itu, si Galuh sebel sekali. 
Pengen nonjok pintu terus teriak kenceng-kenceng.

Jujur, aku enggak bisa terpisah dengan Ace, henpon yang bener-bener pintar. Akhirnya, dengan terpaksa, BlackBerry kujual lagi. Laku 8 ratus ribu kalo enggak salah. *miris, beda sekali dengan harga asal  Dan, kemudian aku beli Galaxy Ace lagi, tapi yang second. Harganya 1 juta 5 ratus. 

FYI, dari dulu, aku selalu beli gadget dengan uangku sendiri.
Orangtuaku enggak pernah tau kalo aku ganti henpon ini atau itu.
Bukan apa-apa. Kalo ketahuan hilang, pasti aku yang disemprot.

Sampai akhirnya, Novmber 2012 aku dapat e-mail kalo aku terpilih sebagai XL Future Leaders. Apaan tuh? Baca di sini, aja, ya!! *langsung sujud syukur Dengan baik hati sekali, XL meminjamkanku seperangkat alat tempur meliputi modem, laptop, smartphone dan pulsa. Akhirnya, si Ace bekas setelah satu bulan kubeli, kubalikkin lagi ke toko asalnya. Beydewei, ini henponku sekarang:

HTC Sensation XE / www.gadgedsinfo.com
Walaupun spesifikasi HTC ini lebih canggih kemana-mana dari si Ace, aku tetap merindukan Ace; kekasih yang dulu hilang, kapankah kau pulang? Layarnya lebih gede, suaranya lebih kenceng, kameranya 8 MP, dan kapasitas nyimpan datanya lebih besar.

Secanggih apapun henpon sekarang, tapi semuanya pada jual mahal. Apanya? Enggak bisa lihat TV --" Ohh, menyedihkan sekali. Jadi, sekalian buat nyimpan dua nomor XL dan pengen nonton TV, aku beli henpon ini:
Cross C1 / www.handphone.tokobagus.com
Sekian ceritaku tentang gadget yang pernah singgah dan mampir dalam hidupku. *lebay kali bahasanya Sampai sekarang, sebenarnya aku pengen banget punya tablet. Tapi, yah, mengingat pengalamanku yang selalu menghilangkan barang mahal, kayaknya aku nunggu tablet sebagai hadiah, aja. Kali aja ada dermawan yang baik hati dan membaca postinganku ini. *muhun Ipad Mini, ya :)

iPad mini is kawaii / www.gizmodo.com

Wah, sudah midnight ternyata. Si Galuh udah ngantuk, nih. 

Bye.. bye.. Have a nice dream, Galuh.

Selamat datang, Kasur!

4 comments:

  1. Hahahaha ,, menarik banget ,, pengen buat cerita juga dari perjalan hidup ,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih :)

      Ini siapa, ya?? Mohon cantumkan identitas, ya, kalo kasih komentar.

      Makasih lagi :D

      Delete
  2. Nice story ampe senym2 geli bacanya.....ending.a kuarng wah...gar2 ngantuk mungkin..he

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya.. betul sekali, bang elbanjarie.

      Sudah ngantuk sekali tadi malam :)

      Terimakasih sudah mampir!!

      Delete