Saturday, December 22, 2012

Sebuah Perjalanan: Be a Part of XL Future Leaders #2

Si Pemimpi, Siap Jadi Pemimpin! It's me!!
Si Pemimpi, Siap Jadi Pemimpin! It's me!!

Well, di tulisan sebelumnya, aku udah cerita banyak tentang ketololanku ketidakseimbangan otak kiri dan kanan. Nah, sekarang di tulisan kedua ini, aku pengen cerita yang lebih dahsyat. Satu pesan moral; Ga ada ruginya menjadi keluarga besar XL Future Leaders

Sabtu, 15 Desember 2012
Karena baru datang ke hotel jam 3 subuh, jadi wajarlah, kalo agak kesiangan bangunnya *ngeles. Dan, benar saja. Aku baru bangun jam setengah 8!! Oh, Ibu! Langsung loncat dari kasur, banting pintu bathroom, gosok gigi kilat, wudhu, shalat subuh (hehe..jadi malu), dan untuk pertama kalinya, liat jadwal. Yang terjadi kemudian, langsung shock.

Jadwal yang bikin tak bisa berkata-kata. Telat!!!
Jadwal yang bikin tak bisa berkata-kata. Telat!!!

Apaah??? Sekarang harusnya ke Grha Xl?

Panik lagi. Untung aku udah punya teman sesama orang Surabaya. He’s @Faridl Mughoffar atau Mr. Ridl. Kenalnya juga gara-gara mention-an di twitter @indberprestasi. Jadinya, langsung ambil hape dan sms Mr. Ridl:

Aku        : Eh, jadwal sekarang ngapain?
Mr. Ridl  : Jadwal sekarang ke Grha XL.
Aku        : Gawat! Kayaknya aq ketinggalan lagi deh :( Sekarang di mana?
Mr. Ridl  : Udah nyampe di Grha. Km di mna?

*langsung lemes –nangis di bawah shower-

Baru naruh hape, udah langsung bunyi lagi. Ternyata ada yang nelpon, nomor XL, nomor mbak yangentahsiapanamanya dari XL yang sering banget kurepotin, dari bandara sampai suruh jemput di hotel.

Mbak XL : Hallo, mbak Isna. Ada di mana?
Aku          : (lemes gara-gara ketingalan) Masih di kamar, mbak.
Mbak XL : (panik) Aduh, maaf, mbak. Aku lupa kalo mbak Isna udah datang. Maaf ya, mbak. (masih  panik) Anak-anak udah berangkat semua nih ke Grha. Ntar mbak dijemput aja, ya. Mbak siap-siap dulu. Ntar ke Graha, pake baju XL, id card, dan bawa bantex-nya ya, mbak. Tunggu sebentar, ya, mbak.

*beneran pergi ke shower 

Dan akhirnya, aku dijemput pihak XL (red. Mr. Kamil –LO dari XL). Banyak banget ya, cobaannya jadi Future Leaders. Udah ketinggalan pesawat, malamnya delay, dan akhirnya, pagi juga ketinggalan rombongan. *benar-benar ceroboh cobaan

Bantex, Id Card, Seragam *mirip sales :D
Bantex, Id Card, Seragam *mirip sales 

Nyampe Grha XL, acaranya sudah mulai. Dan yang jaga resepsionis, kok, mukanya familiar, gitu, ya? Mbak-mbak cantik pake jilbab biru, dan ternyata dia yang sering aku repotin (makasih, Mbak) Oh, ya, alasan mukanya familiar, sepertinya mbak ini yang jadi bintang iklannya XL Future Leaders. Itu, lho. Di poster, kan, ada cewek pake jilbab, and I think, she is.

Materi pertama disampaikan pak Hasnul Suhaimi (CEO XL Axiata) dan pak Alex Rusli (CEO Indosat). Moderatornya ibu Turina Farouk, yang sepertinya project leader XL Future Leaders.

Dari kiri ke kanan: Hasnul Suhaimi, Alex Rusli dan Turina Farouk (source: @indberprestasi)
Dari kiri ke kanan: Hasnul Suhaimi, Alex Rusli dan Turina Farouk
/@indberprestasi
Sumpah, aku ga pernah nyangka, bakal ketemu orang-orang hebat dan mendengarkan secara langsung nasehat dari mereka. Pak Hasnul ternyata, adalah orang yang mementingkan teori daripada praktek. Dan pak Alex, kebalikannya, adalah orang yang gemar berorganisasi sejak kuliah (keren euy, si bapak ini. S1 sampai S3 di Australia dan juga sempat jadi dosen di sana. Ngomongnya bahasa Inggris mulu. Aku jadi kurang mudeng) 

Satu pelajaran penting dari materi yang disampaikan 2 CEO perusahaan provider ini, you can be anything that you want and be passionate. Jika kita menginginkan sesuatu, kita pasti bisa. Tapi, jangan lupa, tetap jaga semangat, disiplin, dan hasrat untuk meraihnya. Denger motivasi kayak gini, aku langsung semangat. Hehe.. Enggak nyesel udah bela-belain beli tiket pesawat lagi untuk ke Jakarta. Thanks, God! 

Oh, ya, ketika pak Hasnul ditanya wartawan, alasan apa yang membuatnya yakin mengadakan program XL Future Leaders? Apa untungnya bagi XL? Dan jawaban pak Hasnul membuatku merenung lumayan lama.

Pak Hasnul menjelaskan bahwa XFL adalah program CSR (corporate social responsibility). Dan, beliau membuat perumpamaan, sebuah alpukat. Kita tahu, alpukat punya biji di dalamnya. Dan bagaimana caranya membuat alpukat terus berkembang, tidak punah, walaupun alpukat yang kita makan sudah habis? Benar sekali. Tanamlah biji tersebut. Walaupun mungkin, ketika biji tersebut tumbuh menjadi pohon alpukat yang rimbun, kita yang menanam tak bisa menikmati buahnya. Tapi, pasti, pohon alpukat tersebut bermanfaat bagi yang lain. Begitu pula dengan program XL Future Leaders. Ini bukan program XL yang bertujuan mencari keuntungan pasar. Pak Hasnul menjelaskan, jika generasi muda dibekali kemampuan untuk menghadapi era globalisasi, tentu tidak ada lagi perusahaan milik Indonesia yang dipimpin orang asing. Semuanya Indonesia.

Mendengar alasan pak Hasnul, aku jadi terharu. Filosofi biji ini sama persis dengan yang diajarkan Rasulullah. Tebarlah kebaikan, walaupun kita tak bisa merasakannya. Sederhana tapi penuh makna. Dan bukankah, Al-Quran mengajarkan, bahwa satu kebaikan sama dengan berlipat-lipat kebaikan? Hmm.. Aku jadi malu sendiri. Melihat pak Hasnul yang dikelilingi dunia kapitalis (pasti) setiap harinya, ternyata mampu mengamalkan kebaikan yang sangat berguna bagi orang lain. Tidak perlu umbar-umbar nasehat, menyuruh orang lain, tapi hanya perlu; lakukan itu, mungkin kecil, tapi berguna. 

Next, acara selanjutnya, motivational session dari fasilitator XL Future Leaders. Ada Mr. Charly dari Amerika sebagai program leader, Ms. Deedee yang pake jilbab, Ms. Ernita yang sepertinya orang Batak (hehe.. just prediction. Marganya Siallagan) dan, terakhir, Mr. Cipi yang pake kacamata. Tema sesi ini adalah “Advantages of Joining XL FLP”. Kocak, seru, dan yang pasti, bikin tambah semangat ikut XL Future Leaders.

Bagi-bagi peralatan perang :)(source: @indberprestasi)
Bagi-bagi peralatan perang/@indberprestasi
Dan kemudian, acara leaders ceremony. Tiba-tiba, MC kayak Omes (hehe.. lupa namanya) manggil pak Hasnul, pak Alex, ibu Turina dan all facilitators. Terus, manggil perwakilan peserta dari tiap regional. Ada Aceh, Lombok, Surabaya, Jakarta, Bandung dan Yogyakarta. Olala! Ternyata waktunya pemberian ‘peralatan perang’ secara seremoni. Oh, ya, aku belum cerita. Salah satu keuntungan ikut XFL, kita bakal dapat laptop Lenovo ukuran 11,5 inch, modem ZTE, dan smartphone android HTC Sensation XE. Semuanya adalah fasilitas yang disediakan XL selama 2 tahun atau sampai program ini berakhir. Jadi, dipinjemin, dong? Hehe.. Ya iyalah. Tapi, semoga XL berbaik hati ngasih ini semua setelah kontrak berakhir *modus. Nggak hanya tiga alat super canggih tadi, kita juga bakal dapat kartu perdana XL dan pulsa 100 ribu perbulan untuk modem, dan juga kartu perdana serta pulsa 100 ribu untuk smartphone selama 2 tahun!!! Alamak! Ngiler ga, lo?

Sebelum acara berakhir untuk istirahat siang, ibu Turina menjelaskan sebentar tentang “XL at a Glance”. Di sini, kuakuin, aku berasa jadi orang paling gaptek. Hehe.. maklum, twitter aja diaktifin gara-gara ikut XL :). Ternyata, XL adalah provider dengar user terbanyak ke-tiga di Indonesia. Program XL juga keren-keren. Contohnya, ya, XL Future Leaders. Terus, XL adalah perusahaan yang inovatif. Sering, kan, lihat iklan sponsor dari XL yang bikin ketawa? XL juga sering dapat award dan achievement karena pencapaian-pencapaiannya yang spektakuler.

Ketika ibu Turina njelasin XFL, aku langsung bengong. Wakkss! Ternyata, yang ndaftar online XL Future Leaders ada 5593 participants. Terus, disaring lagi, jadi kurang lebih 2000 peserta untuk seleksi tahap pertama. Dan, akhirnya, jadi 130 peserta! Alhamdulillah, Allah memberiku kesempatan untuk menjadi salah satu dari 130 orang tersebut. :) Oh, ya, dalam acara Meet n Greet, tidak seluruh peserta datang. Ada yang izin dan ada juga yang ngundurin diri. Alasannya? Tanya rumput yang bergoyang *puitis

Finally, materi babak pertama selesai. Kami diberi waktu 1 jam untuk istirahat dan lunch. Di kafe, aku kenalan dengan Intan dari Jakarta dan Thomas, juga dari Jakarta. Ada pengalaman yang unik dari Thomas. Ternyata, dia baru saja ditelpon pihak XL 2 hari yang lalu. Tanpa seleksi, tanpa ngerjain soal, hanya daftar online. He is so lucky!

After ishoma, acara selanjutnya bagi-bagi draft kontrak. Beberapa hari sebelumnya, seluruh peserta XFL sudah die-mail isi surat kontrak yang harus ditandatangi. Isinya? Seputar perjanjian apa yang harus dilakukan dan apa yang tak boleh dilakukan oleh kedua pihak (XL dan peserta). Hehe.. Lihat surat kontrak, ilmu Hukum Acara Perdata langsung kepake. Makasih, bu Widya!

Oh, ya, sebelum bagi draft kontrak, tiap peserta sudah dikasih peralatan perang. It’s so nice! Lihat bagi-bagi laptop kayak gini, kayak liat bagi sembako. Gampang, banget, pindah tangannya.

Next, setelah draft kontrak, ada pengarahan penggunaan ‘peralatan perang’. Jadi, alat tersebut harus dipake ngerjain tugas, ya. Pulsa yang dikasih, jangan buat online, aja. *nasehat buat diri sendiri Semuanya antusias dengerin. Kujamin, ga ada yang ngantuk!

Peralatan perang dari XL. Ada logo XL di laptopnya. *
Peralatan perang dari XL. Ada logo XL di laptopnya. 

Acara terakhir dalam ruangan, pengarahan tentang XL Future Leaders Curriculum dari Cognition, corporate yang ngurus kurikulum pendidikan XFL selama dua tahun. Di sini, aku udah ga konsen. Soalnya, entah Mr. siapa, njelasin dengan bahasa Inggris dengan logat American yang sulit banget kucerna. Peserta yang lain juga mulai ngantuk. *maklum, sudah sore.

Dan, sebagai penutup acara hari ini, seluruh peserta diajak dinner di Restoran Puri Denpasar. Yahutt! Menunya ala Bali semua. Dalam dinner ini, juga ada bagi-bagi hadiah buat peserta yang nge-tweet tentang keuntungan ikut XFL dan di-mention ke @indberprestasi. Alhamdulillah, aku termasuk 10 tuips beruntung. Padahal isi tweet-ku curhat. Haha 

Curhat mode on :D

Curhat mode on 

Oh, ya, kami juga disuruh kenalan satu-satu, lho. Herannya, pas aku kenalan, semuanya pada tepuk tangan dengar nama jurusanku. What’s wrong with Ahwal Syakhshiyyah or Islamic Family Law Department? So proud to be student there! :) Wajarlah, karena memang kebanyakan dari Teknik Informatika, atau jurusan-jurusan lain yang berbau komunikasi. Tapi, ada anak Hukum juga, lo.

Jam 10 malam, akhirnya kembali lagi ke kamar 325. Overall, hari ini sangat menyenangkan. Totally fun! Kenal dengan orang-orang baru. Dapat nasehat-nasehat bermanfaat. Dapat laptop dan hape baru. :) Dan tentu, dapat pencerahan buat lebih semangat. 

Selalu. Do the best!

No comments:

Post a Comment